Keluarga Infokom

Keluarga Infokom

Komponen yang Terdapat pada UML Version 2.0

Class adalah konsep object oriented yang mencapsulasi/membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan untuk menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas . Kelas juga merupakan deskripsi tergeneralisir (misal templet, pola, cetak biru) yang menggambarkan kumpulan objek yang sama.
Objek adalah digambarkan sebagai benda, orang, tempat, dan sebagainya yang ada didunia nyata yang penting bagi suatu aplikasi objek mempunyai attribut dan method.
Attribute adalah menggambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana attribut tersebut berada.
Method adalah prosedur atau fungsi yang bergabung dalam objek bersama dengan attribut. Method ini digunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut.

Object-Object diciptakan dengan menggunakan template yang disebut Class
Object didesain dan diciptakan untuk tujuan task tertentu.
Setiap object yang dibuat dari kelas yang sama pasti memiliki features yang sama.
Class seperti “cetakan” roti. Setiap single roti yang dibikin itulah object. Jadi kita bisa pastikan setiap roti (object) yang dicetak dari cetakan (class) yang sama pasti memiliki karakteristik yang serupa (misal bentuknya sama) meski detail datanya bisa beda (misal rasanya beda, bahannya beda, dll).
Proses membuat object dari sebuah class ini disebut “Instantiation” –> itulah makanya Object disebut juga “instance
Jadi sekali lagi Class hanyalah ‘Cetak Biru’ atau ‘Obyek ABSTRAK’ sedangkan Object-Object yang dibikin dari class adalah ‘Obyek Kongkret’ sesungguhnya!!!

Dalam OOP, dalam membangun sebuah aplikasi, ditempuh dengan cara membuat Object-Object dan membuat kerjasamanya.
Untuk membuat atau memanggil sebuah Object dalam java kita harus menciptakan dulu Class -nya kecuali jika class untuk object-object itu sudah dibuat sebelumnya atau sudah disediakan oleh Java.
Jadi misal, saya pengin membikin tombol-tombol perintah (command buttons) dalam interface saya:
maka saya tidak bisa begitu saya memanggil command buttons itu. Saya harus men-create class nya dulu
yakni

class commandButton
{
}


kemudian di dalam blok tersebut kita definisikan karakteristik utama object-object dalam class commandButton tersebut, misal
setiap commandButton memiliki
- ukuran yang dinyatakan dalam bentuk Integer  —>  int size

- text yang dimunculkan dengan data value String —> String text

- apakah 2Dimensi atau 3 dimensi

Selain karakteristik utama Class tersebut, juga perlu didefinisikan perilaku-perilaku utama (methods) yang dapat dilakukan Class tersebut, misal
- untuk bereaksi butuh Single click atau Double click
- apakah default tombol aktif atau pasif

Jika Class sudah lengkap dicreate dan didefinisikan, barulah kita bisa membikin Object-Objectnya.
Tentu setiap object yang kita bikin dimungkinkan berbeda-beda, tergantung value data yang dimasukkan dalam attributes dan methods yang dimiliki object tersebut
Jadi sekali kita me-create sebuah class, maka selamanya class itu dapat kita panggil dan pake dalam program kita berulang-ulang.
* Untuk object-object commond buttons sudah disediakan oleh class-class standard di Java (“Java Class Library“):  javax.swing.Jbutton


Method
adalah perilaku yang dapat dilakukan oleh Object2 dalam sebuah kelas,
baik perilaku kepada dirinya sendiri maupun kepada objek-objek lainnya.
Method adalah sekumpulan statements dalam sebuah class untuk melakukan suatu task tertentu.
Method ~ ‘fungsi’ dalam bahasa pemrograman lain

Object – object berkomunikasi satu sama salin dengan menggunakan methods
Sebuah class atau sebuah object dapat memanggil method dari sebuah class atau object lain dalam rangka:
+ meminta object tersebut melakukan suatu task
+ meminta object tersebut mengubah sesuatu dalam diri object tersebut
+ melaporkan perubahan tertentu kepada object tersebut

Ada Variable:
1. Class variable : yakni sebuah variable yang dideklarasikan di class tetapi value variable itu langsung ditetapkan sehingga berlaku untuk semua object yang dibuat dengan class tersebut.
Contoh:

Class Mobil
{
int tahunPembuatan = 1998
String warna = “hitam”
}


2. Instance variable: yakni sebuah variable yang dideklarasikan di class tanpa memasukkan value spesifiknya karena value-value yang berbeda itu dapat dideklarasikan saat membuat Object-Object yang berbeda atau saat menjalankan object tersebut.
Contoh:

Class Mobil
{
int tahunPembuatan;
string warna;
}
Class BikinObjekMobil
{
public static void main (String [] args)
{
Mobil mobilku = new Mobil ();
mobilku.tahunPembuatan= 1998;
mobilku.warna= “hitam”;
System.out.println (“Mobilku adalah: “+mobilku.tahunPembuatan);
}
}


Ada Method:
1. Class method : methods yang berlaku untuk semua class
2. Instance method (“method”) : method yang hanya mengubah object itu sendiri

Memanggil Method

namaObject.namaMethod (argument atau kosong);


contoh:

robotTony.checkSuhu ();

0 Response to "Komponen yang Terdapat pada UML Version 2.0"

Posting Komentar